Fakta Tentang Rayap

Sebelum mencoba mengusir rayap dari rumah. Ada baiknya kita pelajari dulu soal fakta tentang rayap yang belum sama sekali kita ketahui.

Fakta Tentang Rayap

Pembasmi rayap yang sesungguhnya sudah pasti tahu ilmu tentang binatang yang akan dibasminya. Ilmu tersebut juga bisa kita pelajari dengan mudah. Jadi sebelum melayangkan beberapa serangan untuk mengusir rayap. Mempelajari seluk beluk rayap sudah pasti diperlukan sebelum memulai pembasmian.

Rayap ini hobinya menyerang banyak komponen rumah. Terutama yang bahannya terbuat dari kayu. Komponen-komponen tersebut bisa berupa plafon, atap rumah, dinding, lemari, kursi atau furnitur lainnya.

Serangan makhluk kecil yang berkerabat dengan semut ini sering dilakukan nonstop. Hanya berhenti ketika objek yang diserang sudah habis. Selama 24 jam rayap akan terus menyerang. Jumlahnya mungkin bertambah karena setiap 15 detik sehari. Ratu rayap akan melahirkan rayap baru untuk.

Kerugian dari serangan Rayap

Serangan yang dilancarkan dari binatang berkoloni ini sangat akan membuat banyak kerugian. Jumlahnya bahkan bisa mencapai milyaran. Tergantung harga barang atau komponen yang dirusaknya.

Rayap juga senang memakan kertas, karena itu model tempat yang memiliki banyak buku seperti perpustakaan, ruang arsip dan tempat penyimpanan kertas lain seharusnya mendapatkan perhatian khusus.

Setiap beberapa periode sekali, seharusnya ada pemeriksaan yang dilakukan oleh jasa pembasmi rayap untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Atau ketika rayap mulai muncul dan menyerang buku atau kertas.

Tanda-Tanda Keberadaan Rayap

Beberapa tanda yang bisa kita lihat, dengan tanda tersebut kita akan tahu kedatangan rayap. Berikut tanda-tandanya :

  • Muncul laron atau rayap terbang. Di Sunda, nama laron juga dikenal dengan sebutan
  • Terdapat lorong di retakan dinding atau lantai
  • Kayu yang keropos. Rayap biasanya memang menyerang dari dalam. Sehingga luar belum terlalu terlihat. Misal pada pintu, rayap pertama menyerang di area terdalam yang gelap dan lembap.
  • Pintu jendela sulit dibuka. Jika tanda ini muncul di rumah Anda, mungkin saja rayap sudah dekat bahkan sudah ada di rumah Anda.

Dengan beberapa tanda di atas, sebaiknya rumah segera dibersihkan dengan menggunakan jasa pembasmi rayap profesional.