Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Fitur, Kelebihan dan Kekurangan Instagram

Kevin mengamati Facebook sudah membuat software check-in laksana Foursquare. Terakhir, bareng Mike Krieger, Kevin membuat software lain berupa Instagram.

Aplikasi berbagi potret ini memungkinkan pemakai memungut foto, merealisasikan filter tertentu, dan membagikannya di sebanyak jejaring sosial.

Sebulan sesudah diluncurkan, Instagram langsung meraup 1 juta pemakai. Setahun kemudian, Instagram sukses menjangkau lebih dari 10 juta pemakai.

Tak disangka pada tahun 2012 lalu, Instagram sukses memikat kompetitornya, Facebook. Instagram kesudahannya mendapat tawaran akuisisi dari Facebook dengan nilai fantastis, yakni nyaris USD 1 miliar!

Fitur Instagram

Ada banyak sekali fitur yang dimiliki Instagram, diantaranya sebagai berikut:

  1. Mengedit foto dan video, memberikan caption, menandai, dan mengunggah foto atau video ke akun Instagram Anda.
  2. Bagikan sejumlah foto dan video melalui fitur Instagram Story, yang akan hilang setelah 24 jam.
  3. Fitur streaming langsung, di mana Anda dapat berbagi aktivitas dengan teman dan pengikut Anda.
  4. Kirim pesan teks, foto atau video ke teman dan grup Anda melalui fitur Instagram Direct.
  5. Tonton Instagram Stories dan video streaming langsung dari orang yang Anda ikuti di Instagram.
  6. Melihat foto dan video orang lain dengan mudah.
  7. Memberi suka dan komentar pada postingan orang lain.
  8. Ikuti atau blokir akun tertentu.
  9. Fitur Last Seen seperti yang ada di aplikasi Whatsapp. Pengguna dapat mengetahui dengan tepat kapan terakhir kali pengguna lain membuka Instagram.
  10. Fitur Type adalah fitur dimana pengguna dapat berbagi cerita menggunakan teks yang dilengkapi dengan background foto berwarna.
  11. Simpan atau fitur bookmark. Jika Anda menyukai postingan tertentu, Anda dapat menyimpannya agar lebih mudah dilihat di lain waktu dengan mengklik simbol bookmark di foto.

Kelebihan Instagram

Berikut kelebihan dari aplikasi Instagram:

  1. Memiliki berbagai macam fitur yang dapat mempercantik foto kita.
  2. Bisa berbagi foto atau video ke jejaring sosial.
  3. Sebagai alat untuk mempromosikan produk. Di era teknologi sekarang ini, banyak orang mempromosikan produk melalui Instagram karena mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Konsumen dapat dengan mudah melihat foto atau video produk. Bahkan, konsumen juga bisa bertanya seputar harga dan informasi produk dengan mengomentari foto atau video tertentu.
  4. Privasi. Kami dapat mengunci akun Instagram kami sehingga orang asing (selain pengikut) tidak dapat melihat foto atau video yang kami unggah.
  5. Cukup mudah digunakan.
  6. Kita bisa melihat foto atau video orang lain, serta memberi like atau komentar di bawah.
  7. Mempermudah mendapatkan informasi, seperti informasi lowongan kerja, resep masakan, tutorial make up, informasi pemberian beasiswa, berita terkini, fakta tersembunyi, diskon terkini, review makanan, dan lain sebagainya.

Kekurangan Instagram

Sedangkan kekurangan dari aplikasi Instagram adalah:

  1. Karena berbasis smartphone, maka foto-foto yang ditampilkan di Instagram terlihat kecil dan kurang jelas untuk dilihat secara detail.
  2. Tidak bisa mengupload video berdurasi panjang, karena batas maksimalnya hanya 1 menit.
  3. Berdampak negatif, seperti banyaknya pengguna yang mengunggah konten pornografi, banyaknya pihak yang sengaja mencemarkan nama baik orang lain melalui Instagram, penipuan toko online, dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, fitur-fitur, kelebihan, dan kekurangan Instagram yang perlu Anda ketahui. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda khususnya mengenai aplikasi Instagram.